Meme beredar di jejaring sosial dari satu teman ke teman lainnya. Menjadi populer karena meme bisa menjadi bahan lelucon, sindiran, ekspresi perasaan pengguna di dunia maya.
Saking populernya dan tampak mewabah, meme bahkan bisa diciptakan sendiri melalui website. Website Livememe.com memungkinkan pengguna membuat meme dengan mudah, yakni dengan hanya memilih gambar kemudian melampirkan teks ukuran besar.
Bagaimana meme ini bisa booming di internet dan asal usulnya? Wikipedia menerangkan, internet meme merupakan aktivitas, konsep, slogan atau bagian dari media yang menyebar.
Meme juga diartikan sebagai ide, perilaku atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain. Internet meme mengambil bentuknya dalam sebuah gambar, hyperlink, video, website, atau hashtag.
Meme internet menyebar di jejaring sosial, blog, email atau sumber berita. Pada 2013, Richard Dawkins, seorang penulis buku The Selfish Gene (1976) mencirikan meme internet sebagai kreativitas manusia.
Tidak hanya sebagai bahan guyonan, meme internet juga bisa menjadi strategi pemasaran oleh pengiklan, profesional marketing serta public relations. Mereka bisa memakai meme internet untuk menciptakan pemasaran gerilya atau 'viral marketing' bagi produk atau layanan mereka.
Meme yang beredar umumnya menampilkan tokoh atau karakter wajah 2D yang diciptakan. Diambil dari berbagai sumber, seorang ilustrator Matt Oswald mengunggah 'rage comic' dengan wajah Me Gusta ke website 4chan dan Reddit pada 18 Maret 2010.
Pada Desember 2010, topik tunggal blog Me Gusta Face muncul dan berisi komik pendek. Pada Mei 2012, komik wajah Me Gusta semakin populer dan tercipta ribuan komik rage Me Gusta yang bisa ditemukan di website Tumblr, Memebase serta Reddit.
Selain Me Gusta, terdapat Troll Face yang merupakan meme berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu meme ini ialah Whynne (user DeviantART). Selain itu ada meme Bitch Please yang menampilkan gambar tertawanya pebasket Yao Ming. Pebasket asal China itu sedang tertawa saat jumpa pers pada Mei 2009.
Tidak hanya sebagai bahan guyonan, meme internet juga bisa menjadi strategi pemasaran oleh pengiklan, profesional marketing serta public relations. Mereka bisa memakai meme internet untuk menciptakan pemasaran gerilya atau 'viral marketing' bagi produk atau layanan mereka.
Meme yang beredar umumnya menampilkan tokoh atau karakter wajah 2D yang diciptakan. Diambil dari berbagai sumber, seorang ilustrator Matt Oswald mengunggah 'rage comic' dengan wajah Me Gusta ke website 4chan dan Reddit pada 18 Maret 2010.
Pada Desember 2010, topik tunggal blog Me Gusta Face muncul dan berisi komik pendek. Pada Mei 2012, komik wajah Me Gusta semakin populer dan tercipta ribuan komik rage Me Gusta yang bisa ditemukan di website Tumblr, Memebase serta Reddit.
Selain Me Gusta, terdapat Troll Face yang merupakan meme berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu meme ini ialah Whynne (user DeviantART). Selain itu ada meme Bitch Please yang menampilkan gambar tertawanya pebasket Yao Ming. Pebasket asal China itu sedang tertawa saat jumpa pers pada Mei 2009.
Post a Comment